Manfaat Green Tea Bagi Kesehatan

Green tea atau teh hijau sudah lama dikenal di Indonesia, akan tetapi baru dikonsumsi secara luas seiring meningkatnya popularitas masakan jepang. Faktor penentu yang membuat reputasi teh hijau melejit yaitu dari hasil penelitian yang sudah terbukti mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Sejarah green tea ini berawal dari negara cina yang sudah menggunakan teh hijau seagai pendukung pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Saat ini para peneliti nutrisi sudah menemukan bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Green tea mempunyai kandungan konsentrasi tertinggi dari antioksidan yang sangat kuat yang disebut polifenol. Green tea juga mengandung alkaloid, termasuk kafein, teobromin, dan teofilin.

Apa manfaat green tea bagi kesehatan?

Green tea sudah dikonsumsi sepanjang tahun di Cina, India, Jepang, dan Thailand. Pada masyarakat tradisional Cina dan India, praktisi kesehatan menggunakan teh sebagai stimulan, diuretik (untuk mendorong ekskresi atau pengeluaran urine), astringent (untuk mengontrol pendarahan dan membantu menyembuhkan luka), dan meningkatkan kesehatan hati.

Beberapa manfaat green tea bagi kesehatan diantaranya dapat mengobati perut kembung, mengatur temperatur tubuh dan gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta meningkatkan fungsi mental.

Dibawah ini manfaat green tea bagi kesehatan lainnya :

1. Kolesterol tinggi
Penelitian menunjukkan bahwa green tea mampu menurunkan total kolesterol dan menaikkan HDL (kolesterol baik) pada manusia dan hewan. Polifenol pada green tea mampu menghalangi usus menyerap kolesterol dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh.

2. Aterosklerosis
Sifat antioksidan pada green tea dapat membantu mencegah aterosklerosis, terutama penyakit arteri koroner. Peneliti bahkan memperkirakan dengan konsumsi 3 cangkir teh hijau sehari bisa menurunkan tingkat serangan jantung sebanyak 11%.

3. Radang usus
Manfaat green tea bagi kesehatan dapat membantu mengurangi radang yang berkaitan dengan penyakit Chron dan kolitis ulserativa yaitu 2 jenis penyakit inflamasi usus.

4. Kanker
Green tea mempunyai manfaat untuk membantu melindungi dari kanker. Poliofenol yang terdapat pada green tea atau teh hijau berperan penting pada pencegahan kanker dan dipercayai bisa membantu membunuh sel kanker serta memberhentikan perkembangannya.

5. Diabetes
Teh hijau sudah digunakan secara tradisional untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Green tea ini bisa mencegah perkembangan diabetes dan memperlambat perkembangannya apabila sudah muncul.

Itulah beberapa manfaat green tea bagi kesehatan yang harus disimak. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini pada teman kalian via social media.

Bagi yang mau mendapatkan manfaat dari green tea ini, anda bisa beli produk kesehatan yang terbuat dari green tea.

Kami rekomendasikan produk kesehatan yang terbuat dari green tea yang mempunyai khasiat dan manfaat luar biasa, produk ini terbuat dari 100% bahan alami tanpa ada campuran bahan kimia obat, salah satu bahannya yaitu ekstrak green tea. KLIK Sehat Mata Softgel